Trik Jitu Bisnis Roti Terlaris di Rumah Anda

Membangun bisnis pembuatan roti dengan skala kecil bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari bisnis yang menguntungkan. Bisnis rumahan seperti ini masuk kedalam jenis industri rumahan yang tidak membutuhkan modal terlalu besar dan dapat dijalankan pada lokasi dengan space terbatas hanya dengan memanfaatkan dapur ataupun garasi rumah usaha ini sudah bisa berjalan mengingat alat-alat berupa mesin yang digunakannya berukuran kecil.

Usaha roti rumahan semacam ini juga bisa dijalankan diberbagai tempat karena target pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pernah melihat di kios pinggir jalan roti macam ini dijual dengan berbagai macam rasa seperti coklat, susu, moca dan lain sebagainya. Roti dijajakan dengan harga bervariasi mulai dari 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan jenisnya.

Itu merupakan salah satu hasil dari produk usaha roti kelas ukm ini, biasanya penjual memasarkan rotinya dengan sistim titip ke kios, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk mengontrol jumlah roti yang laku terjual pada hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga menyetok kembali jika stok roti di kiosnya mulai berkurang.

Jangkauan pemasarannya tergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti yang dijalankan, jika kemampuan produksi rotinya masih terbatas biasanya lingkup penjualannya hanya disekitar lokasi produksinya, armada yang digunakan untuk berjualan pun cukup menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor atau sepeda.

Sedangkan untuk bisnis pembuatan roti rumahan yang sudah berskala cukup besar, jangkauan pemasaran mereka umumnya lebih luas karena kemampuan produksi rotinya pun sudah lebih besar, armada yang digunakan untuk pemasaran biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti dengan skala sebesar ini bahkan pemasarannya sudah mampu menjangkau luar kota.

Cara Memulai Usaha Roti Rumahan

Tertarik dengan model bisnis seperti ini? Pertama yang harus di persiapkan adalah keahlian atau kemahiran untuk membuatnya baik itu dimiliki sendiri atau dengan mempekerjakan orang yang terlatih dibidang pembuatan roti.

Kemudian juga harus diberikan berbagai macam alat pendukung berupa mesin dan peralatan pembuatan lainnya, dalam menyiapkan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak biaya bisnis karena harga dari tiap mesinnya cukup mahal, diantaranya yang umum digunakan adalah:

  1. Mixer, yang berguna untuk membuat adonan utama pembuatan roti.
  2. Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, berfungsi untuk mempersingkat proses pemekaran adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.
  3. Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Berfungsi untuk membentuk dan membagi adonan roti supaya ukurannya sama rata.
  4. Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti.

Berbagai macam alat pendukung lain juga diperlukan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti dan lain sebagainya. Harga dari tiap-tiap mesin di atas bervariasi tergantung dari merknya, sebagai perkiraan harganya antara 6 jutaan sampai 15 jutaan. Sampai-sampai kalau Anda ingin secara lengkap memiliki seluruh mesin produksi roti ini, modal yang harus dipersiapkan antara 30 sampai 50 jutaan.

Lumayan besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dahulu berkecil hati jika dana usaha pembuatan roti rumahan Anda belum mencapai angka di atas. Contoh yang kami informasikan di atas hanyalah sebagai perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membeli mesin pembuatan roti yang bagus.

Sedangkan kenyatannya Anda dapat membuka bisnis ini cukup dengan cara lama yang bermodalkan oven roti saja, sedangkan peralatan lain dapat memanfaatkan peralatan yang biasanya sudah ada seperti mixer dan alat lainnya. Sebab pada dasarnya mesin-mesin tadi hanya berguna untuk membantu mempercepat proses produksi biarpun nantinya mesin ini tetap dibutuhkan kalau kemampuan produksi roti Anda sudah mencapai batasnya karena permintaan pasar cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *