Cara Mudah Membuat Es Buah Apel

Es buah adalah minuman segar yang bahannya terbuat dari beragam jenis buah yang mempunyai banyak kandungan vitamin. Minuman dingin yang satu ini sudah jadi minuman yang umum terutama di Indonesia karena terkenal dan punya rasa minuman segar. Sangat cocok disantap saat santai dikala berkumpul bersama keluarga, kerabat atau teman Anda.

Minuman es buah apel yang enak ini sangat pas sekali apabila disantap kala udara panas, ditemani dengan kudapan ringan yang pasti akan membuat hari-hari Anda jadi lebih bersemangat. Minuman dingin nan segar pelepas dahaga ini juga banyak dijumpai kala musim puasa, terutama di kala sore menjelang berbuka puasa (karena sunnahnya adalah berbuka dengan yang manis ). Selain itu juga sering menjadi hidangan waktu lebaran di rumah-rumah, baik itu di rumah sendiri atau di rumah tetangga. Karena begitu populernya minuman segar ini sehingga mudah sekali dijumpai di banyak lokasi contohnya pada acara-acara pesta, pun banyak dijual di kedai atau warung, di tempat-tempat ramai seperti tempat wisata atau pasar bahkan di pinggir-pinggir jalan.

Es buah apel merupakan minuman campuran bermacam jenis buah-buahan yang diolah sedemikian rupa hingga tercipta minuman yang nikmat. Minuman dingin ini sudah tidak asing lagi untuk anda orang Indonesia, utamanya yang tinggal di daerah kota. Bahkan minuman ini juga mudah didapati di hampir seluruh kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Jogja, Medan, Denpasar, Makassar dan kota besar lainnya.

Minuman es buah apel ini banyak memakai aneka jenis buah yang kaya vitamin yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah-buahan yang digunakan diantaranya semangka, melon, pepaya, mangga, nanas, anggur, stroberi dan beraneka macam buah-buahan lainnya. Oleh sebab itu minuman ini sangat pas dinikmati bagi siapa saja termasuk Anda, tanpa perlu khawatir tentang dampak buruk bagi kesehatan. Minuman yang satu ini bisa dinikmati oleh semua orang, baik itu anak kecil ataupun orang dewasa.

Berikut ini kami akan membahas tentang cara membuat es buah apel yang kaya akan vitamin dan pastinya enak untuk dikonsumsi. Pertama-tama adalah terlebih dahulu menyiapkan peralatan yang diperlukan ketika proses membuat es buah apel sehingga nantinya bisa memudahkan dalam membuat minuman es buah apel sendiri di rumah.

Alat-alat yang dibutuhkan:

– Mangkok – Pisau – Sendok – Wadah – Gelas dan alat-alat lainnya yang diperlukan

Bahan umum:

– Gula pasir – Es batu – Cincau hitam – Sirup – Nata de Coco – Biji selasih – Susu sesuai selera

Buah-buahan yang dibutuhkan dalam pembuatan es buah:

Р Buah Apel (Utama)
– Buah semangka – Buah alpukat – Buah mangga – Buah anggur – Buah stroberi – Buah melon – Buah pepaya – Buah nanas – Buah kelapa yang masih muda

Sebagai catatan: buah-buahan ini hanya sebagai sampel saja, Anda juga bisa menggunakan buah-buahan segar menurut keinginan Anda.

Cara Membuat Es Buah Apel:

Langkah pertama adalah membuat air gula terlebih dulu. Siapkan panci berisi 1 liter air dan taruh di atas kompor lalu nyalakan apinya. Ambil gula pasir lalu taruh dalam panci berisi air tadi. Sambil diaduk pelan-pelan sampai airnya mendidih. Sesudah itu sisihkan air gula tersebut lalu biarkan hingga dingin.

Kedua yaitu membuat isi bahan es buah. Potong kecil ukuran kotak-kotak bahan buah seperti buah semangka, buah apel, buah stroberi, buah melon, buah nanas dan buah-buahan yang lain. Lalu tempatkan irisan buah-buahan tadi ke dalam baskom.

Yang ketiga adalah menyiapkan es buah. Masukkan es batu ke dalam sebuah baskom yang berisi potongan buah-buahan tadi, kemudian tambahkan air es secukupnya. Setelah itu tambahkan bahan pelengkap seperti air gula, nata de coco, biji selasih, cincau hitam, sirup, dan susu sesuai selera.

Langkah terakhir, ambil mangkok atau gelas sebagai tempat es buah yang akan dihidangkan. Dengan menggunakan sendok besar ambil es buah yang berada di wadah tadi lalu taruh ke dalam mangkok atau gelas. Es buah siap untuk dihidangkan. Selamat berkreasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *